Teten Nugraha
Backendhabit

Backendhabit

Integrasi React Native dan Nox Emulator

Integrasi React Native dan Nox Emulator

Assalamualaikum sahabat coding, pada artikel ini saya akan membahas bagaimana mengintegrasikan react native dengan Nox Emulator (saya menggunakan windows 10 pada kasus ini).

Kenapa saya memilih Nox Emulator untuk development React Native ? Ini adalah pendapat saya mungkin pendapat teman-teman bisa beda tapi yang saya rasakan performan Nox itu cepat dan tidak gampang ngelag karena di laptop saya juga install Android Studio dan emulator bawaan dan itu berat sekali.

Saya menggunakan NodeJS dan NPM dengan versi di bawah ini

Kemudian install Expo CLI. Expo CLI adalah sebuah tools untuk development react native menggunakan Expo dengan spesifikasi minimal NodeJS v.10.

npm install -g expo-cli

Sampai phase ini, kalian telah berhasil menginstall NodeJS, NPM dan expo-cli. langkah selanjutnya adalah menyiapkan Nox Emulator nya, kalian bisa download di link berikut https://id.bignox.com/ (sampai pada artikel ini dibuat versi terbaru Nox adalah 6.2.6.3).

Jika sudah di download kemudian kalian install seperti biasa sampai selesai. Coba lihat di Desktop ada icon Nox Multidrive

kemudian buka shortcut tersebut dan tambahkan emulator baru, saya memilih versi Android 5.1.1

tunggu sampai proses selesai, kemudian running emulator tersebut dan masuk ke menu Settings > About Tablet ->(Klik 10 Kali) Build Number sampai mode Developer Options aktif,

masuk ke menu Developer Options dan centang (aktif) USB Debugging

Langkah terakhir nox adalah memasukan direktori Nox ke dalam Path komputer kalian, copy alamat berikut D:\Program Files\Nox\bin dan masukan ke Path.

Next, kita akan membuat project react-native dengan script berikut dan pilih template dengan expo-template-blank

expo init testApp

proses create project react-native dengan expoproses create project react-native dengan expo

masuk ke direktori project testApp kemudian running project tersebut

expo start

tunggu sampai proses running berhenti untuk memilih target emulator, kita tekan a karena kita akan coba running di Android Nox Emulator.

ketik aketik a

Jika berhasil maka pada terminal akan ada proses Building Javascript Bundle …. kita tunggu sampai selesai 100% sampai project yang tadi kita buat nampil di Nox Emulator tersebut.

Jika tampilan pada Nox kalian udh sama berarti kalian sudah berhasil mengintegrasikan React Native dengan Nox. Jika teman-teman masih kesulitan boleh comment di artikel ini. Terima kasih.

 
Share this